Gunung Dempo 3159 Mdpl, Kota Pagar Alam – Provinsi Sumatera Selatan-nuansalampung.com

  • Wisata
  • Juli 28, 2020
  • 3 minutes read
Gunung dempo
Nuansalampung.com–Gunung Dempo banyak digemari pendaki. Dengan ketinggian 3159 meter diatas permukaan laut, gunung ini sangat menjulang tinggi dengan gagah terlihat dari Kota Pagar Alam. Untuk pendaki yang berasal dari Pulau Jawa, bisa langsung menuju Pelabuhan Merak dengan menyebrangi laut menggunakan kapal, Sesampainya di Pelabuhan Bakauheni kalian bisa memilih bus jurusan Terminal Rajabasa lalu melanjutkan perjalanan kembali dengan memilih bus jurusan Pagar Alam. 
Sesampainya di Pagar Alam biasanya para pendaki akan ditawarkan jasa angkutan dengan menggunakan kendaraan roda empat, lalu kalian akan di arahkan sesuai titik awal pendakian yang kalian inginkan. 
Disarankan, untuk para pendaki memilih jalur pendakian Kampung Empat. Karena jalur ini terbilang tidak terlalu ekstrim dan curam. Walaupun demikian, untuk peralatan pendakian haruslah safety. 
Untuk jalur titik awal pendakian Tugu Rimau, tidak disarankan karena jalur ini sangat curam dan ekstrim untuk didaki. Bahwasannya jalur ini adalah untuk para tim SAR (Search and Rescue) karena jalur ini lebih cepat dan lebih singkat. 
Untuk pendakian jalur Kampung Empat memakan waktu 8-9 jam dengan trek normal. Sedangkan jalur Tugu Rimau hanya memakan waktu 4-5 jam. Sesampainya di Puncak Dempo, kita di sambut dengan plakat yang bertuliskan Top Gunung Dempo 3159 mdpl yang menandakan bahwa kita telah sampai di puncak.
Untuk lokasi camp disarankan turun ke pelataran yang memiliki lahan yang sangat luas dan sumber air yang melimpah. Uniknya, gunung ini memiliki dua puncak. Puncak pertama yaitu yang telah kita lewati sebelum trek ke pelataran, puncak kedua yaitu Puncak Merapi yang memiliki kawah yang sangat luas. Untuk trek dari pelataran ke Puncak Merapi, biasanya memakan waktu hanya 30 menit. 
Sesampainya di puncak merapi kalian akan melihat air kawah berwarna hijau jika beruntung. Karena kawah tersebut biasanya berwarna abu-abu, bahkan terkadang tertutup oleh kabut. 
Mitos di Puncak Merapi Dempo pun jika kawah tertutup kabut kita disarankan untuk mengumandangkan adzan agar kawah tersebut terbuka dari kabut yang menghalangi kawah.(nauli siregar)

Related post

Koalisi PDIP-Gerindra di Pilbup Pesawaran, Nanda-Antonius Sebut Hampir 100 Persen

Koalisi PDIP-Gerindra di Pilbup Pesawaran, Nanda-Antonius Sebut Hampir 100…

Nuansalampung.com–Koalisi dua partai besar di Pemilihan Bupati Pesawaran, Provinsi Lampung tinggal selangkah lagi. Bakal calon Bupati Pesawaran Nanda Indira Dendi pun…
PAN – PKS Sepakat Berdamai di Pilkada Serentak 2024

PAN – PKS Sepakat Berdamai di Pilkada Serentak 2024

https://www.youtube.com/watch?v=mLFff-EuUJo Nuansalampung.com–Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepakat berdamai di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak tahun 2024.…
Merajut Kebersamaan Kader KPPI di Tengah Persaingan Pilkada 2024

Merajut Kebersamaan Kader KPPI di Tengah Persaingan Pilkada 2024

Nuansalampung.com–Kaukus Perempuan Politik Indonesia atau KPPI Provinsi Lampung menjadi garda terdepan dalam mendorong kaum hawa untuk bisa maju ke legislatif maupun…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.